OBAMA dan KEMENANGAN SEMUA

Saturday, November 08, 2008


Cerita soal Obama memang menjadi topik yang menarik. Semangat perubahan benar-benar sangat terasa. Kebahagiaan meliputi semua orang.

Saat tanggal 4 November kemarin, aku memang tidak datang melihat tempat pemungutan suara, tapi saat aku belanja di Manoa market, aku bisa merasakan betapa orang-orang sangat bersemangat mengikuti election hari itu. Banyak orang yang berseliweran memakai aksesoris yang bergambar Obama.

Diskusi tentang Obama terdengar di seluruh sisi America. Di dapurkupun kita mendiskusikan tentang sosok yang sangat luar biasa ini. Aku sebagai orang Indonesia, juga merasakan kedekatan historis dengan sosok Obama. Karena Obama pernah tinggal di Indonesia, disamping itu Ibu Obama juga menyelesaikan master dan doctroal programnya di Anthropology department di almamater yang sama denganku.

Step fathernya Obama yakni Lolo Sutoro yang berasal dari Indoneisa mendapat beasiswa juga dari East West centre yang juga menaungiku selama di Hawaii. Ann Durham, Ibu Obama, juga bertemu dengan dua suaminya di University of Hawaii. Disertasi Ann Durham yang setebal 1000 halaman juga mengambil research di Indonesia, yakni tentang tukang besi.

Jadi ketika Obama memenangkan pemilihan president paling sengit di US, kebahagiaan meliputi semua orang, bukan hanya orang America saja, tapi juga orang Indonesia. Entahlah berlebihan atau tidak ketika aku ikut menjerit dan bersorak ketika melihat di layar kalau Obama sudah melewati 270 yang merupakan angka yang harus didapatkan untuk menjadi president.

Walaupun aku tidak berperan apa-apa tapi aku sangat bersyukur menjadi bagian dari sejarah perubahan America ini.

PS: Foto dengan Maya Sutoro, adek Obama (kiri) dan Professor Alice Dewey yang merupakan professor di Anthropology dan juga pembimbing Ann Durham ketika menulis disertasi. Foto diambil ketika kampanye di kampus UH dalam kaukus partai Democrat.
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 4:56 AM, |

3 Comments:

  At 7:04 AM Anonymous dhany said:
mari kita doakan dengan terpilihnya beliau mampu membawa perubaha yang lebih baik untuk SELURUH MANUSIA..
tapi dia bukan malaikan lho..
sebaiknya jangan berharap terlalu banyak,,
Obama...oh Obama..........Mudah2an membawa perubahan yang baik ...
  At 7:24 AM Anonymous Febrie said:
di sini juga pada heboh obama nihh .. hidup Obama !!