Who Should Cook?

Sunday, November 02, 2008
Kemarin waktu masak, kitchen mate ku dari China nyamperin aku. Setelah berbasa-basi sebentar tentang makanan apa yang aku buat, dia kemudian bertanya apakah suamiku di Indonesia juga memasak?. Tentu aku jawab dengan tegas "Yes." Dia bercerita kalau di Xinjang yang merupakan salah satu propinsi di China dengan mayoritas penduduknya Islam seorang suami should not masuk ke dapur. Sampe tahap ini aku masih diam saja.Kemudian dia melanjutkan kalau katanya di Quran bahwa orang laki-laki tidak boleh membantu istrinya di dapur.

Belum sempat aku jawab, kawan Indonesiaku yang juga satu dapur sepertinya wes mulai gatel dengan pernyataan-pernyatan si China ini, mangkanya dia langsung nyamber "Don't make generalization like that." Tapi ternyata si cewek ini belum puas kalau aku belum menjawab, buktinya dia masih bilang "I think only educated men want to help in the kitchen."

Akhirnya aku menjawab bahwa di Quran selalu encourage untuk sharing job even in house, kalaulah ada orang yang mengatakan berbeda, itu hanya perbedaan dalam menginterpretasi Quran. Aku juga menegaskan kalau ada suami yang tidak mau membantu istrinya itu semata-mata adalah orang yang MALAS bukan karena agama, toh bukan hanya orang-orang Islam saja yang tidak membantu pekerjaan rumah. Jadi intinya bukan agama yang menjadi alasan.

Dan ternyata polemik siapa yang harus memasak juga menyerang anakku, Dedek Mirza.
Dedek Mirza : Mama, Babah dimana?
Mama : Babah masih masak tuh di dapur
Dedek Mirza : Lho, Babah kok masak sendili tho?
Mama : Kan enggak apa-apa dek
Dedek Mirza : Di rumah lho yang masak Mbak Katus, bukan Pak'e
Mama : itu Pak'e aja yang malas sayang,lawong pak'e lho bisa masak
Dedek Mirza : Mama juga males
Mama : Lho mama kan masih belajar, jadi Babah yang masak

*Duh cabee merahhh pedes dehhhhhhh, masak anak sekecil itu udah mulai bias ya*

SO, jadi siapa sih yang harus masak???
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 5:34 AM, |

2 Comments:

  At 9:08 PM Blogger ary said:
hahah kocak bener nih critanya. Ntar kalo dek Mirza dah gede, bantuin mama masak juga yah di dapur ? Cowok bisa masak ? Keren tenan !
Alhamdulillah aku jg dpt suami yg suka masak sdri,mbak hehehe.... lumayan sbg istri jd terbantu jg...

Smoga saja dedek firza nanti klo dah gede jg pinter mbantuin mama masak di dapur yah..;)