Dedek Belajar Puasa

Wednesday, August 26, 2009
Uhhhhhhhhh lama nian tidak menulis di Blog, gara-gara si FB yang terlalu memikat.

Anyway, mau cerita nih tentang dedek Mirza yang lagi belajar puasa.

Ceritanyakan sejak tanggal 8 Agustus kemarin, aku resmi pindah ke Jogja untuk ngelanjutkan program S3 di ICRS UGM. Sayang hanya dedek Mirza saja yang bisa aku boyong ke Jogja. Sebenarnya pengen juga bawa Kakak Kavin serta, tapi kakak sekarang sudah kelas 5 SD, jadi kasihan kalau harus pindah sekolahan. Lagian mulai habis lebaran nanti kakak mau sekolah diniyyah di rumah Banyuwangi.

Ceritanya aku baru nyampek Jogja dari Jakarta sehari sebelum puasa. Sempat kepikiran gimana cara untuk ngajari dedek puasa. Kan memang dalam keluargaku ketika umur 5 tahun sudah mulai dikenalkan pada puasa. Kebetulan aku belum bisa mengikuti puasa. Hari Sabtu pagi or the first day of fasting month, aku dan dedek bangun jam 8 pagi. Sekolahnya pas libur. Terus dedek sarapan jam 8.30. Habis itu aku suruh untuk belajar puasa. Jauh-jauh hari sebelumnya aku sudah mulai menerangkan apa itu puasa ke dedek mirza, jadi ketika dia tak suruh puasa dia langsung mau.

Sebenarnya aku gak masang target sampe berapa jam dia akan bisa puasa, 3-4 jam saja cukuplah. Eh baru puasa setengah jam dia udah bilang "Ma, susunya dedek belum habis tuh." Dubrakkk deh hehehhe. Setelah dirayu-rayu akhirnya dia mau ngelanjutin puasanya. Untuk mengalihkan perhatiannya, aku dan babah ngajak dia jalan ke pasar klitikan.

Alhamdulillah bertahan sampai jam 1 siang. Setelah makan dan minum susu, Dedek aku ajak tidur siang. Bangun tidur mandi, terus nonton film di laptop, dan berlanjut sampe waktu buka puasa tiba. Horeeeeee. Akhirnya belajar puasa hari pertama sukses. Dan alhamdulillah sampe hari ketiga dedek semakin kuat belajar puasa, walaupun belum sehari penuh
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 10:29 AM, |

1 Comments:

  At 2:35 PM Blogger Fitri3boys said:
hebat nih dedek mirza...memang harus step by step ya mba ngajarin puasanya ....