East West Fest 2007

Tuesday, May 08, 2007


Nih cerita yang tersisa sebulan lalu. East-West Center setiap tahun mengadakan East-West Fest. Untuk tahun 2007 ini diselenggarakan tanggal 14 April lalu.

Pesertanya adalah East-West Center (EWC) participants yang berasal dari berbagai negara. Acaranya simple tapi seru habis. Setiap negara mengeluarkan booth (pameran) dan penampilan. Sebenernya acara ini tidak untuk lomba, tapi setiap negara berusaha untuk menampilkan yang terbaik karena ini menyangkut nama bangsa heheh.

Permias Hawaii juga tidak kalah serunya. Kami telah mempersiapkan stand untuk pamerannya beberapa hari dengan mengumpulkan barang-barang khas Indonesia dari teman-teman. Acara dibuka jam 1 siang, tapi sejak jam 11 siang kami sudah mulai merias booth kami. Beruntung banget Susan, Ibu Paula dan Agung yang merupakan kordinator booth sudah merancang bagaimana menata barang-barang tersebut dan di foto, jadi kami yang membantu tinggal mengikuti petunjuk pemasangan barang sesuai yang ada di foto. Booth Indonesia diakui paling TOP, bukan hanya dalam kreasi penataan dan barang-barang yang ditampilkan, tapi juga kekreatifan kita dalam menarik pengunjung. Jadi setiap barang yang kita pajang sudah diberi kertas yang isinya penjelasan nama barang tersebut, dari mana asalnya dan kegunaannya. Nah dari kertas penjelasan tersebut kami membuat kuis. Jadi ketika ada pengunjung datang, kami ajukan beberapa kuis yang simple. Contoh, pengunjung disuruh mencari senjata khas jawa. Dan mereka bisa mencari dari keterangan yang sudah terpampang. Kalau mereka bisa menjawab 3 soal mereka akan mendapat gift. Gift nya macam-macam ada pembatas buku yang bergambar wayang, pensil yang ada ada blangkonnya hingga gantungan kunci wayang. Semua gift tersebut adalah sisa bawaanku dari Indonesia. Sebenernya tujuan dari kuis itu untuk menunjukkan barang-barang apa aja yang dipajang. HEBAT nya lagi dari puluhan gift yang kami sediakan semuanya ludes, ini artinya Booth Indonesia banyak dikunjungi. Ampe MC nya aja bilang "I LIKE BOOTH FROM INDONESIA" uhuuuuiiiii.

Untuk acara musicnya, hampir semua negara juga menampilkan kreasinya. TAPI lagi-lagi Indonesia yang paling banyak menampilkan. Ada 3 penampilan dengan embel-embel Indonesia, pertama (of Course) SAMAN, BALI, KAUKULA. Yang heboh adalah Bali. Sejak dua hari sebelum acara kami sempat bertanya-tanya, kok dijadwal acaranya ada Bali dance ya, padahal tidak ada satupun dari kami yang mendaftar. EH ternyata pas acaranya kami baru tahu dancersnya. Jadi ceritanya, ada cewek dari Philipina yang dulu belajar tari Bali di sebuah sanggar di New York, dia baru sebulan pindah ke Hawaii. Terus dia mendaftar acara EWC Fest ini, terus dia juga memanggil teman Indonesianya yang merupakan teman satu sanggarnya di New York. Nih dancers emang sudah SANGAT profesional banget. LIhat aja tuh pakaiannya sangat lengkap, dan cara narinya udah keliahatan banget kalau profesional. Tarian Bali ini membuat semua mata penonton melongok, disamping dua penarinya yang cantik-cantik, tapi gerakan mata dan tubuhnya luar biasa. PROUD OF THEM lah.

Yang jelas........ puas banget bisa membawa nama Indonesia, walaupun cuman setitik.

INDONESIA, I LOVE YOU
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 1:22 AM, |

1 Comments:

  At 2:38 PM Blogger Mashuri said:
setitik....tapi maknanya seluas samudera*gak nyambung?*