GIlenya Graduation

Tuesday, May 15, 2007


Kemarin, bertepatan MOther's day (Hari Ibu) tanggal 13 Mei, diadakan graduation untuk angkatan spring di kampusku. UH mengadakan 3 kali graduation dalam setahun yakni spring (mei), summer (Agustus) dan fall (Desember).

Pada dasarnya dimana-mana namanya wisuda itu sama, semua keluarga pada berbondong-bondong datang, larut dalam kegembiraan, plus gak lupa pasti ada hadiah-hadiah sebagai ucapan selamat. Di Hawaii pun begitu. Banyak keluarga wisudawan yang datang dan mereka juga membawa hadiah-hadiah.

Seperti yang sering aku ceritakan kalau dalam acara apapun LIE (karangan bunga) untuk di kalungkan yang merupakan tradisi Hawaii selalu diberikan. Begitu pula dalam graduation. Sebagai wujud ucapan selamat mereka diberi Lie. Jadi gak heran banyak para wisudawan yang hampir gak keliahatan mukanya karena ketututpan LIE. Lie ini kreasinya banyak sekali, bukan hanya bunga, tapi juga daun-daun yang dirangkai, ada juga uang satu dolaran yang di buat bunga-bunga, bahkan permen pun bisa jadi LIe yang menarik, seperti Lie yang aku kasihkan si Mayco.

Yang lebih gile lagi, bukan hanya Lie yang diberikan tapi juga balon-balon, ampe balon yang biasanya buat renang anak-anak kecil dengan bentuk berbagai macam hewan-hewan juga menjadi hadiah yang menarik. Tuh malah ada yang di atas topi wisudanya dikasih mobil-mobilan, keluarga juga bawa spanduk, eh ada juga tuh yang dihadiahin leaf skirt or rok dari rumbai-rumbai daun. Malah ada yang LIE nya dari gelas-gelas Starbuck.

Di sini graduation itu nyante poool. Jadi jam 8 para wisudawan sudah masuk hall untuk ceremony resmi. Keluarganya dipersilahkan menunggu di dua lapangan yang besar, di setiap pojok lapangan sudah ada huruf-huruf yang menandakan tempat ngumpulnya para wisuda sesuai dengan huruf awal dari last name mereka. Contoh, namanya Mayco Santealla, dia akan ngumpul di daerah huruf "S". Hal ini untuk mempermudah keluarga yang akan mencari mereka. Setelah acara ceremoni semua wisudawan langsung menuju tempat huruf masing-masing. Dan langsung deh keluarga menyerbu.

Yang menarik, gak ada tuh gaya wisuda kayak di Indonesia yang ampe bangun jam 4 subuh hanya untuk pergi ke salon, or heboh cari kebayak dan berburu sepatu hak tinggi. Kalau di Hawaii semuanya nyante pool, tuh lihat banyak wisudawan yang pakai sandal jepit, pakai kaos pendek, dan celana pendek.

Tapi yang jelas ada kesamaan antara Indonesia dan Hawaii yakni sebuah pertanyaan besar "MAU NGAPAIN SEHABIS WISUDA???"
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 12:40 AM, |

1 Comments:

  At 10:01 PM Blogger Mashuri said:
sama-sama bingung cari kerja?ternyata, dimana-mana ya...