Gamelan

Thursday, May 10, 2007


Foto ini mungkin kelihatan unik, tapi memang begitu kenyataannya. Itu fotoku dengan Mayco. Dia berasal dari Argentina, faseh berbahasa Indonesia, pencinta Indonesian food. Dan yang lebih heboh lagi, nih orang jago banget main gamelan. hayo coba angkat tangan siapa bisa yang main gamelan....??????.

DI University of Hawaii ini ada kelas gamelan dan juga group musik gamelan. Setiap akhir semester pasti mereka mengadakan pertunjukan. Untuk spring ini pertunjukannya diadakan pada tanggal 28 April lalu.

Group gamelan ini yang memprakarsai adalah pak Susilo dan Eyang Kendro. mereka juga yang mengampu kelas gamelan di departemen musik. Yang bikin aku terlongo-longo, anggota group gamelan teresebut yang jumlahnya lebih dari 20 personel ternyata yang orang Indonesia cuman Pak Susilo dan Eyang Kendro aja lho, semuanya orang luar. Ampe yang jadi sinden itu bule namanya Nancy Cooper. Amazing tenan.

Seperti biasa, sekitar jam 5 sore sebelum acara mulai, semua kru makan bersama dengan menu makanan Indonesia. Nah kebetulan aku di minta Ibu Roosman yang kebagain nyiapin makanan tersebut. Saat makan itu, para pemain yang perumpuan semuanya sudah pakai sanggul, tapi belum pakai kain jariknya. Sempat geli juga ngelihat sanggul mereka, 'Eh ternyata ada juga ya sanggul yang warnanya pirang' hehhehehehe.



Acara dimulai jam 8. Sumpeh ini pertama kalinya aku dalam hidupku sepanjang 27 tahun aku ngelihat pertunjukkan gamelan. KITA MESKI BERBANGGA karena penontonnya buanyak, walaupun hujan mengguyur, penonton tetep bertahan.

Suasana nonton gamelan benar2 santai. ada yang bawa tikar, bawa dinner, dan bawa selimut, wes talah kayak di Indonesia bener deh. Walaupun aku gak paham dengan musik-musik dan nyanyian yang dibawakan sinden, aku tetap merasakan bahwa musik gamelan ini luar biasa.

Selama kurang lebih 2 jam gamelan ini mempesona penonton, penampilan kali ini ditutup dengan kolaborasi antara gamelan jawa, gamelan Bali dan gesekan biola indah dari Candra yang merupakan anak dari Pak Susilo dengan istrinya yang bule. Penampilan terahir ini membuat semua terbengong. dan memang AMAZING tenan.



Oya, penampilan gamelan tersebut diadakan di Gedung Barbara. Barbara ini adalah seorang perempuan kaya pengila gamelan, dan dia juga yang membelikan semua peralatan gamelan tersebut dan mengirimkannya ke Hawaii. Alhamdulillah Barbara kemarin juga masih ikut menyaksikan penampilan gamelan.

WE are PROUD OF GAMELAN
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 3:54 AM, |

2 Comments:

  At 3:37 PM Blogger bundazka said:
waduhhhh..eling mam...eling karo babah wes poto karo bule ganteng hehehhee.......sip sip...acaranya seru yaaa hebat bnr dia gape maen gamelan:)
bwehehe.. lucu yaa..

gimana rasanya jadi orang 'bule' sebelahan sama pemain gamelan? kekekeke...