Productive

Monday, November 12, 2007



Every night before I get to my bad, I always try to ask myself, am I productive today?.

So what is the meaning of productive in your life?. Every single person, of course, has her/his own interpretation of productive. For me, being a productive person is important. If I'm not productive, I don't exist.

Tadi pagi *lho kok ganti bahasa indo hehe* saat breakfast di dapur aku ketemu Mas Bambang yang sekarang sedang menyelesaikan P.hD di Botani, aku bilang ke dia "wah kayaknya sejak kemarin aku enggak productive deh Mas." Akhirnya dari situ kita diskusi, apa sih productive in our life.

Dalam hidupku ada three elements terpenting; FAMILY, SOCIETY, and STUDY. Dan bagiku ketiganya enggak bisa dipisahkan. Sekarang ini aku sedang belajar, dan aku memimpikan dari studyku ini bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat buat my family dan soceity.

Kalau di rumah, aku merasa productive bila aku sudah melakukan sesuatu buat keluargaku dan masyarakatku. Bila aku sedang di Hawaii, productive bagiku adalah saat aku sudah memenuhi targetku untuk menyelesaikan kerjaan-kerjaan kuliah. Namun ada makna productive dalam hidupku yang tidak pernah berubah dari dulu hingga sekarang yakni menulis. Bila dalam sehari saja aku tidak menulis *walaupun hanya sekedar ndobos di blogspot* itu berarti aku enggak productive. Aku memang bukan jurnalis, cuman aku merasa kalau aku tidak menulis eksistensiku berkurang. Keliahatannya sok buanget ya, cuman emang deh kalau orang mau nulis tuh dia akan terdorong pula untuk membaca. Karena dari membaca itu orang akan mendapat ide menulis.

Aku ingat seorang dosenku di IAIN Jogja dulu pernah bilang, "otak kita ini bagai gelas, dan gelas itu bila diisi air terus, dia akan tumpah, nah tumpahan itulah tulisan kita. Terus air yang kita isi itu adalah dari membaca"

SO ARE YOU PRODUCTIVE TODAY? MAKE THE BEST THING IN OUR LIFE.
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 9:13 AM, |

2 Comments:

  At 12:16 PM Anonymous Eva said:
Jadi terinspirasi nih mbak, iya ya bagus banget klo tiap hari kita bisa evaluasi produktivitas kita. Waaah aku juga mau evaluasi diri ahhhh....
  At 3:53 PM Anonymous Bunda Key said:
Duhhh mbak saking aku produktif nya nih, yang bukan kerjaan kantor juga aku kerja in hihihihi ... itu produktif atau ngakalin kompeni ya hihihi ... :)