Thanksgiving Day and Black Friday

Saturday, November 24, 2007
What are Thanksgiving day and Black Friday? Untuk simplenya aku akan bilang kalau Thanksgiving day adalah "HARI BERKUMPUL KELUARGA DI US" terus kalau Black friday adalah "HARI BANGUN PAGI NASIONAL DI US." hehhee Tentu definisi itu hanya guyonan.

Thanks giving day (TGD) pada awalnya adalah holiday di daerah north Amerika sebagai wujud syukur dari panen. Pada perkembangan selanjutnya TGD diperingati diseluruh Amerika. Dan moment ini adalah waktunya berkumpul. Kalau di Indo seperi Idul Fitri dan Natal, jadi pada berbondong-bondong mudik. TGD ini untuk di US diperingati pada kamis ke empat setiap bulan November,dan the second MOnday of October di Canada.

TGD selalu identik dengan Turkey yang dipanggang dan kemudian di makan bareng-bareng keluarga. Kan TGD jatuh hari Kamis dan itu State Holiday. Untuk hari Jumat, biasanya juga akan libur walaupun itu unofficial holiday. Nah hari jumat inilah yang dinamakan Black Friday.

Black Friday (BF) ini biasanya adalah Shopping time, karena nuansa TGD adalah memberikan thanks ke orang lain, jadi pada BF ini hampir semua toko discont gila-gilaan. Orang US memanfaatkan untuk belanja gift persiapan natal. BUkanya toko-toko itu juga jadi enggak biasanya. Pada hari-hari biasa buka jam 9 am-9 pm. Tapi kalau lagi BF bukanya jam 5 pagi, malah ada yang bukanya jam 9 pm-12 am. Itupun para pembeli sudah siap2 diluar toko, antrinya ampe mengular. Memang perjuangan betul untuk bisa mendapat barang2 murah sesuai keinginan. Karena model discountnya emang benar2 potong harga, enggak kayak di Indo yang dinaikkan dulu harganya baru didiscount. Foto dibawah ini menggambarkan ramenya pengunjung yang antri:



Ada teman-temanku yang semalam jam 10 berangkat ke Comp USA *tempatnya electronic* dan baru pulang jam 1 dini hari. Malah ada serombongan cewek-cewek di dormku yang jam 10 malam berangkat ke pusat perbelanjaan baju-baju bermerek dengan harga miring di Waekele. Nih tempatnya jauh banget, naik bus 2 jam. Aku ampe geleng-geleng ngelihat hebohnya mereka. Setahun lalu, beberapa temanku berangkat ke Best Buy *electornic store* jam 12 malam, dan menginap di sana, jadi biar jam 5 pagi bisa langsung mencari barang yang diinginkan.

Terus pertanyaan selanjutnya, APA YANG AKU LAKUKAN PADA BLACK FRIDAY? hehehhe. Tahun kemarin aku enggak kemana-mana. Tahun ini, sebenernya agak males-males untuk keluar, ingat paper yang belum kelar. Tapi jadi ingat pesenan anak-anakku untuk membelikan mainan. Jadilah bersama dua ibu muda *yang sangat nguebeeet belanja buat baby-baby mereka yang baru berumur 6 bulan dan ditinggal di Indonesia* akhirnya jam 6 pagi *persis setelah sholat subuh* aku berangkat ke pusat perbelanjaan di Walmart, ROse dan Ala Moana. Nyampek sana, wuihhhhhhhh sudah penuh, padahal baru jam 7 pagi. SUmpeh ini unusual, kan biasanya orang-orang Amerika baru bangun jam 9/10.

Untuk membikin nyaman para ortu belanja, di Ala Moana disediakan kereta yang bisa ngajak anak-anak jalan. Ihhhh keretanya gambarnya Thomas, persis kayak di CD filmnya dedek Mirza.



Benar-benar a long day deh. Pertama kita menjelajahi Walmart yang jadi kayak pasar senggol. Setelah 1,5 jam, kita nyebrang ke ROse yang terkenal dengan baju-baju murah. Puas mengubrek-ubrek Rose, tancap ke Ala Moana Shopping center. Sears adalah tempat pertama yang kita tuju. Tengok-tengok, pegang kanan-kiri, bolak-balik harga enggak ada yang cocok. Akhirnya sambil menarik tas kresek besar, kami pindah ke Marcy. Di sini pun juga ruameee. Toko selanjutnya yang perlu ditengok adalah toko sandal, dan aku mampir ke Game Shop untuk nyari beberapa kaset game titipannya Kakak Kavin. Untuk bayar 2 kaset aja antrinya luamaaaaaaaaaaaa deh.

Berhubung sudah capek ngesek kartu *halah* dan perut mulai kelaparan *Wao sudah jam 12 siang*, akhirnya mampir deh di Food Court. Nih coba lihat di foto betapa penuhnya food court ampe sulit nyari tempat duduk.



Jam 1 lebih, tenaga kami benar-benar sudah terkuras. Maksud hati masih mau menjelajah banyak tempat, apa daya tenaga dan uang sudah tidak mengijinkan lagi heheh. Akhirnya pulang deh kami bertiga. Dan inilah hasil perburuan di Black Friday treng...tenggggg...........
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 4:52 PM, |

2 Comments:

  At 9:29 AM Anonymous Bundakey said:
ASik asik ...

Enak ya kalau jalan2 sampe terkuras tenaga, rasa nya PUASSSS banget :)
  At 4:03 PM Blogger Masnyuss said:
Podium hehehe....