Maulid Nabi dan Perempuan

Sunday, March 08, 2009
Tahun ini peringatan Maulid Nabi Muhammad bertepatan dengan hari perempuan sedunia (8 Maret). Ini kebetulan yang menarik.

Bila ditarik kebelakang sosok Nabi Muhammad bisa dikatakan sebagai pendobrak diskriminasi terhadap perempuan. Pada jaman jahiliyah bayi perempuan langsung dikubur hidup-hidup. tapi ketika Islam datang, Muhammad merombak semua tatanan tersebut, bahkan saya yakin ini juga kebetulan yang luar biasa ketika dari keseluruhan putra Muhammad yang hidup hingga dewasa cuman Fathimah. Fathimah mendapat perlakuan yang sangat istimewa dari ayahnya, bahkan Muhammad pernah bilang bila beliau selalu mencium bau surga dalam diri Fathimah. Perlakukan Muhammad pada putri semata wayangnya ini menjadi cerminan bagaimana anak perempuan memiliki hak sama dengan anak laki-laki, dan anak perempuan harus diperlakukan sama pula dengan anak laki-laki.

Salah satu contoh perlakuan Nabi yang luar biasa pada perempuan ditunjukkan pada seorang sahabat bernama al-Khansa. Suatu hari al-Khansa datang menemui Nabi dan melaporkan kejadian yang dialaminya. Al-Khansa dinikahkan oleh ayahnya dengan anak saudara ayahnya. Pernikahan ini tanpa persetujuan al-Khansa. Setelah mendapat laporan dari al_khansa, nabi langsung mengatakan bila pernikahan al-Khansa dibatalkan alias tidak sah. Al-Khansa bilang "sebenarnya saya bisa saja menerima pernikahan tersebut, tapi saya ingin menunjukkan kalau seorang ayah tidak boleh menikahkan putrinya tanpa persetujuan putrinya, dan Muhammad menerima pendapat ini." Saat membatalkan pernikahan tersebut, Nabi tidak bertanya apakah al-Khansa itu janda atau virgin. Ini menunjukkan bahwa walaupun sang anak masih berstatus virgin tetap harus dimintak pendapatnya ketika akan dinikahkan, meskipun sebagian ulama berpendapat bila wali boleh memaksa anaknya menikah bila sang anak masih virgin.

Dari sosok Muhammad kita bisa belajar banyak hal tentang bagaimana cara memperlakukan perempuan. Dan semoga dengan peringatan maulid Nabi Muhammad yang bertepatan dengan peringatan hari perempuan sedunia ini akan lebih banyak lagi perempuan yang mendapatkan haknya, terutama hak kesehatan, hak pendidikan dan hak untuk mengembangkan kemampuan dirinya.

LOVE YOU ALL WOMEN
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 6:43 AM, |

2 Comments:

  At 5:44 PM Anonymous iLuNK said:
salam kenal kk.. aq ilunk anak banyuwangi...

sampean jawa timur sebelah manah yah ^_^
  At 3:49 PM Anonymous ita said:
mari kita melawan orang" yang akan menindas kaum peremppuan