Nyanyian Burung dan Tarian Ikan

Tuesday, January 16, 2007

PAgi ini tanggal 15 Januari adalah a state holiday. Aku gunakan "tanggal merah" ini untuk jogging memutari kampus.

Nyaman sekali duduk di bawah rindangnya pohon dalam suasana sepi kampus dan suara burung yang terus bersahut-sahutan. Ngomong-ngomong soal burung, Hawaii ini luar biasa sekali, burung masih sangat bebas berkeliaran, dan selalu meramaikan suasana pagi.

Tiba-tiba ada yang berdesir pelan di hatiku ketika melihat hilir mudiknya burung. Nyaris suasana seperti ini tidak pernah atau sangat sulit aku dapat di Indonesia. Walaupun aku tinggal di desa terpencil dan rumahku berdempetan dengan sungai dan hutan yang mulai gundul tapi aku tidak bisa mendengat merdunya suara burung tiap pagi. Ya.... mungkin burung-burung di Indonesia sangat takut menampakkan diri karena mereka tidak merasa aman bersuara. Kalau burung saja sudah tidak berani bersuara lalu bagaimana dengan mahluk alam yang lain??????.

Aku membayangkan anak-anakku hidup di Hawaii, dia bisa menikmati dan belajar membedakan suara banyak burung, dia juga bisa memegang dan bermain-main dengan burung tanpa harus mengurungnya dalam sangkar. Ah..... Indonesia Tanah Air Beta....

Pagi ini aku juga menyusuri Japanes Garden di belakang Dormitoryku. Di situ ada sungai bersih yang dihiasi banyak bebatuan besar dan di atasnya ada sebuah taman dan kolam ikan. Tempatnya sangat nyaman, biasanya kalau malam banyak a couple yang duduk-duduk untuk dinner atau sekaedar ngobrol-ngobrol. Yang paling menarik taman itu adalah banyaknnya ikan-ikan di kolam renang, ikannya pun juga bukan ikan sembaranga tapi Ikan koi yang besar-besar. Katika pertama melihat taman ini otak Indonesiaku langsung bekerja " wah ikan itu bisa jadi ikan bakar yang uenak kalau di Indonesia" hehheheheh.

Suara burung dan indahnya ikan koi adalah sebagai bukti bahwa memang seringkali kita egois dengen selalu berkeinginan untuk menikmati dan memilikinya sendiri. Kenapa kita tidak membiarkan keindahan dan kemerduan itu untuk dinikmati banyak orang?????

Labels:

 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 4:21 AM, |

0 Comments: