Kakak Sayang

Friday, August 17, 2007


Dua hari kemarin aku benar pengen ambruk,jetlag berat, gak bisa tidur. Jadi pengennya limbrung aja. Pegel-pegel sehabis perjalanan jauh plus imbas dari angkat-angkat barang dari storage dan nata-nata barang membuat badanku bener-bener lemes. Alhamdulillah semalam aku bisa tidur. Jadi pagi ini aku bisa fresh dan nemuin advisor dengan wajah yang ceria lagi *ceile*.

Ini cerita tersisa dari pulang tiga bulan kemarin di Indonesia. Kali ini aku mau cerita soal kakak. Banyak kemajuan dari kakak, badannya tambah tinggi, bahkan aku baru tahu saat pembagian raport kalau ternyata kakak paling tinggi sekelas hehehehe, padahal umurnya sama dengan temen-temen lainnya. Waktu lihat kakak pertama di Bandara Ngurah Rai Bali, aku ampe terbengong-bengong "kok anakku duwur buanget yo." Tapi ya wajar ajalah lawong Babah dan Mamanya juga tinggi.

Kemajuan lainnya kakak sudah semakin lancar ngaji Qur'annya. Sekarang sudah juz 7. Aku ingat dulu waktu kecil, walaupun sudah khatam Quran, bajaan tajwidnya gak ngenah. Tapi karena sekarang kakak sudah diajar dengan metode Qiroati, jadi selain bacaannya lancar, tajwidnya juga muantap, dan maharijul khurufnya (cara melafalkan huruf) sudah sangat tepat. JUJUR, kalau aku lagi nyemak kakak ngaji,aku hanya benerin tajwidnya, gak pede untuk benerin maharijul khurufnya hehhehe. Lawong cara melafalkan huruf sudah lebih faseh dari pada mamanya *Ih... malu bo!!!!***.

Suatu saat ketika mau sholat magrib, kakak bisik-bisik di telingaku, dia bilang "mama, aku pengen jadi Imam." Alhamdulillah, akhirnya anakku berani jadi imam dan makmumnya aku plus dua adekku. Jadilah setiap magrib dan Isya' kakak akan heboh wudlu dulu dan jadi imam. Pertama aku jadi makmumnya kakak, sumpeh aku gak kuat nahan ketawa. Antara rasa geli dan bangga jadi satu. Tapi kakak gak pernah mau suruh ngimami subuh, katanya ora hafal doa Qunut hehehehe.

Kakak juga alhamdulillah bisa mempertahankan rangking satunya mulai dari kelas satu hingga kemarin kenaikan kelas tiga. Siapa sih orang tua yang enggak bangga anaknya rangking satu, walaupun begitu sejujurnya aku dan suamiku tipe orang tua yang gak perduli dengan rangking. Bagi kami lebih baik mengajari anak rajin belajar dari pada hanya mendoctrine anak untuk mendapat rangking. Malah aku pernah ngusulkan ke sekolahannya kakak untuk tidak menyantumkan rangking, seperti halnya sekolah-sekolah di US, tapi tentu saja banyak yang gak setuju. Aku kadang miris ngelihat anak yang dimarahin orang tuanya karena tidak dapat rangking, tapi di satu sisi ortunya nyante aja kalau anaknya gak belajar. Bagiku rangking dan nilai bagus itu hanya bonus. Mungkin karena prinsip inilah sejak di TK, anakku nyante aja ketika memperlihatkan nilainya yang dapat C atau dapat 60, karena aku gak pernah marah dengan nilai yang didapatnya yang penting dia terus mau belajar.

Oya, kakak juga rajin baca koran, sebelum berangkat atau pulang sekolah dia pasti nyempatkan untuk buka koran, walaupun baca hanya judul-judulnya aja, tapi paling tidak kalau ada berita menarik seperti pesawat jatuh dia pasti baca. Jadi info yang di dapat upto date selalu.

Di samping banyak perkembangan yang membanggakan, banyak juga hal-hal yang mengagetkanku. Bagaimana dia jadi sangat kerasa kepala *ini mah turunan mamanya* Bayangkan bagaimana kalau dia sudah keluar maunya gak bisa ditunda atau dibilangi lagi. Ampe semua orang rumah ampun-ampun. Kalau pulang sekolah enggak ada aku, dia pasti langsung telfon "Mama ini kok pergi gak ajak-ajak anaknya, piye tho anaknya kok enggak diurus?" *dubrakkkkkkkkk*** Apalagi kalau suruh bangun pagi untuk sekolah, dia marah kalau dibangunkan, maunya bangun sendiri, lho gimana mau ga dibangunkan, lawong sudah jam setengah tujuh. Biasanya kalau tak rayu-rayu suruh cepat mandi dia bilangnya gini "Aku itu pasti akan mandi, tapi sabar dulu tho ma," lho gimana aku mau sabar lawong jam masuk sekolah kurang 15 menit lagi, belum mandinya, belum makan dan ganti bajunya. PUCINNNNNNGGGGGG deh.

Jujur, sebel sih sebel, dongkol sih dongkol banget, tapi aku ambil positivenya aja dari sikap protes anakku. Memang sejak kecil aku tidak pernah melarang anakku protes, walaupun untuk sebagian orang itu gak sopan ke orang tua. Tapi bagiku itu hak anak untuk bicara.

Kekeraskepalaan kakak juga muncul ketika dia minta ke Jogja. Memang kakak seperti ada ikatan bathin yang kuat deangan Jogja, walaupun dia tidak lahir di Jogja, tapi saat aku hamil, aku tinggal di Jogja, kakak juga besar dan sekolah TK di Jogja. Jadi kalau ada waktu luang dia pasti ngajak ke Jogja. Maunya kakak sehari setelah aku datang dari US, langsung berangkat ke YK. Untung masih bisa tak rayu-rayu sambil nunggu ujian selesai. Pagi ujian finish, malamnya langsung ke Jogja. Selama 3 hari di Jogja bener-bener aku hanya nurutin kakak. Hari pertama dibuat main-main di Gardena dan amplaz. Malamnya ngajak mau salju dan timezone di Saphir. Esuknya dia sudah heboh ngajakpergi ke tempat favoritenya yakni musium pesawat terbang di Janti. Karena aku harus nemuin dosenku di UIN Sunan Kalijaga, Kakak pergi dengan Om Endinya. Seharian penuh mereka jalan-jalan, mulai museum pesawat, Galeria dan Gardena lagi. Ampe yang namanya Om Endinya teleh bukan main. Hari terahir kakak tak ajak kopdaran dengan Bunda Azka, Ismah dan Yunes di Taman Pintar. Walaupun pertama kakak masih mau main dengan Azka, eh lama-lama dia mulai ngerengek minta ke Time zone lagi. Padahal sudah hampir waktunya jumatan, dan hari itu jam 4 aku harus cabut dari jogja. Pertama sih mau dirayu untuk sholat jumatan dengan Om Ahsan, eh sehabis sholat tetep kekeh minta ke Time ZOne. DUHHHH anakkku, padahal aku belum packing. Akhirnya dengan ngondok, Om Endi mau jadi volunter nganter ke Time zone.

Sepupuluh hari sebelum ke Jogja, kakak juga minta njenguk MBahnya di Madura. Sebenernya pengen lama di Madura, pengen puas-puasin makan ikan. Tapi gak bisa, karena di rumah Banyuwangi sedang ada acara. Untuk di Madura ini kakak jadi good boy banget. Dia kerasan banget di Madura, apalagi suruh makan ikan bakar plus sambel kecap nyammmiii.

Oya, 2 hari sebelum aku berangkat kakak ikut lomba gerak jalan. Nih pengalaman pertama kakak ikut lomba agustusan. Maklum biasanyakan yang ikut lomba anak kelas 3-6. Kakak jadi wakilnya. Waktu masih latihan, kakak bilang kalau lombanya masih lama jadi aku nyante aja. Eh pas hari sabtu kemarin pulang sekolah kakak bilang kalau habis dhuhur lomba gerak jalan. Weleh. Jadilah aku heboh nyari sepatu yang warnanya gelap, karna warna sepatu kakak terang, padahal seragam sepatunya harus gelap. Mau berangkat pake marah-marah lagi karena minta uang lebih. Yang lucu waktu lomba gerak jalannya mulai. Memang sih jalannya jauh banget, aku nunggu sudah dekat finish. Jadi ketika lihat aku, kakak udah lemes-lemes gitu. APalagi teman satu grupnya anak kelas 3 semua jadi kecil-kecil semua. Masak gerak jalan sambil guyon, lawong kakinya waktu jalan gak ada yang sama. Wes talah lucu. Penonton aja ampe terpingkal-pingkal. Ya namanya pengalaman pertama hehehhe.

Bagaimanapun keras kepalanya, nakalnya kakak, dia tetep anak yang luar biasa. I am proud of him. MAMA SAYANG KAKAK
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 10:10 AM, |

0 Comments: