Mbah Mu'alim

Saturday, September 01, 2007
Bangun tidur aku dikejutkan dengan banyaknya sms di inbox HP ku, setelah kubuka isinya sama semuanya dan pengirimnya dari keluargaku. "Innalillahi wa Innalillahi Rojiun, telah wafat KH Mu'alim jam 8 malam." Seketika itu aku tertunduk dan membaca Fatehah.

Mbak Mu'alim, biasanya aku manggil begitu, memang bukan mbah langsungku, beliau adalah suami dari mbakyunya Mbah putriku. Walaupun begitu kami sangat dekat, disamping rumah kami yang memang tidak begitu jauh, Mbah Mu'alim termasuk orang yang membantu Mbahku, Mbah Syafa'at membangun Pesantren Darussalam. Kita memperlakukan beliau seperti mbah sendiri.

Sosok Mbah Mu'alim bagiku adalah teladan, beliau punya semangat tinggi dan sangat menghargai orang lain. Walaupun di usia yang sudah renta Mbak Mu'alim tetep mengajar santri-santri. Beliau juga selalu datang ke undangan,walaupun itu yang mengundang santri-santri untuk acara Reformasi pengurus dan tempatnya di hall lantai 3. Sikap ini tetap dipertahankan hingga akhir hayatnya, meskipun beberapa waktu lalu beliau harus operasi hernia dan di rawat di RS beberapa hari. Waktu aku di Indonesia kemarin, Abah dan Ibu mengundang beliau untuk tasyakuran keberangkatan Abah dan Ibu umroh, dengan digandeng santri, beliau menyempatkan hadir. Aku sangat terharu.

Mbah Mu'alim juga punya pandangan luas. Setahun lalu saat syukuran keberangkatanku ke Hawaii, beliau titip pesan ke aku "Nduk, masekno awakmu sekolah neng luar negeri, tapi tetep jogo atimu. Istilahe berotak Jerman, berhati Makkah." Pesan yang sangat simple tapi mendalam. Terahir aku berbicara dengan beliau saat pulang kemarin,beliau tanya "Nduk, awakmu sekolahe neng Amerika endi?" aku jawab kalau aku di Honolulu Hawaii. Tanpa aku duga beliau menimpali "Oh seng enek Pearl Harbor kae tho, iku lho tempat perangnya US karo Jepang." Masyaallah aku supraise banget, ternyata beliau yang sudah tua dan sakit-sakitan masih ingat dan tau tentang sejarah Pearl Harbor. Bahkan yang muda-muda tidak tau apa itu Pearl Harbor.

Sekarang beliau sudah tidak ada, tapi semangat beliau dan tauladan beliau selalu akan menuntun kami semua.

Selamat jalan Mbah, Allah pasti memberikan yang terbaik buat jenengan.
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 11:52 AM, |

1 Comments:

  At 3:00 PM Blogger Mukhlason said:
masih teringat jelas..
wajah humble dan kesederhanaan yang melekat pada mbah mualim.
Selamat jalan mbah....