Religion VS Spiritual

Tuesday, August 21, 2007
Hari ini, MOnday August 20, kelas untuk fall semester dimulai. Semester ini aku ngambil 3 course saja. Walaupun begitu jadwal kelas full mulai Senin sampai Jumat. Karena ada satu course "Women and Religion" yang seminggu masuk 3 kali, sekali tatap muka hanya 50 menit. Nih kelas juga mewajibkan field trip hampir setiap minggunya ke berbagai religion activities.

Kelas Women and Religion ini masuk dalam tiga departemen, Anthropology, Religion and Women Studies. Cuman aku enrollnya di departemen Anthropology. Hari ini aku sudah mengikuti kelas ini untuk pertama kalinya. Kayaknya lumayan menarik. Lecturenya Nancy L Kleiber, dia adalah wanita umur 50-an dengan rambut putih cepak dan pakaian khas Hawaiian. Kelas ini juga mewajibkan untuk melakukan observasi terkait women and religion ke berbagai rumah ibadah. Hampir tiap minggu ada jadwal field trip. Minggu ini akan mengikuti Greek festival di Ala Moana Park. Ada juga jadwal ke Masjid, church dan Temple. Menarikkan?????

Tadi ada diskusi menarik tentang What is religion? and What is spirituality? Memang dua kata tersebut sangat biasa terdengar, cuman terkadang kita tidak berpikir apa perbedaan mereka. Pernah aku dengar sebuah komentar "aku bukan orang religion, tapi aku orang spiritual." Kok bisa ya???? Ternyata memang itu mungkin bisa terjadi. Sebab religion itu kaitannya external, jadi hubungan dengan God tapi sifatnya kemasyarakatan atau dengan banyak orang. Sedangkan spiritual yang personal sifatnya.

Kalau melihat definisi tersebut, sepertinya banyak orang Muslim yang sangat religious, mereka selalu berbondong-bondong melakukan ibadah bersama, tapi di satu sisi secara personal mereka kering. CObalah lihat para artis dan politikus, yang sangat sering melakukan umroh, tapi apakah mereka juga tetep menjaga hubungan personal mereka dengan Allah, sholat contohnya?

Bila seperti itu, mana sebenernya yang harus kita dahulukan menjadi Religious or spiritual?? Lalu pertanyaan selanjutnya, dimanakah posisi kita sebenernya saat ini religious or spiritual??? Wa'allahu A'lam
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 2:55 AM, |

2 Comments:

wah..iyo yo..kok dadi bingung?
  At 9:12 PM Blogger r3 said:
Jadi keingat dulu waktu ambil mata kuliah filsafat agama... bikin bingung... kalo ngelantur jadi berbahaya.. anyway.. selamat belajar.. dan salam kenal ya!