FOR PARA MOMs

Saturday, January 20, 2007
Pakabar nih Mom????????
Ih senengnya weekend, pasti segudang acara dengan para angelsnya sudah disiapkan. Good lah.

Nih aku mau cerita tentang mendidik anak dengan multi bahasa. Walaupun aku belum mempraktekkannya, tapi paling tidak aku sudah melihat langsung kalau cara ini mempan dan bagus.

Adas seorang seorang Professor bahasa Indonesia dari German dan istrinya dari Medan. Mereka punya dua anak, yang pertama sudah kelas 1 di high school, dan yang kedua masih berumur sekitar 5 tahun.

Dalam keluarga itu ada tiga bahasa yang mereka kuasai, yakni German, Indonesia dan ENggris. Untuk mengajarkannyapun sederhana aja. Jadi sang ibu selalu keep speaking with Indonesia language, ayahnya tetep dengan bahasa Germannya. Sedangkan bahasa Enggrisnya mereka dapat dari lingkungan mereka. Karena mereka hidup berpindah-pindah, mulai Eropa, Hawaii dan New Zealand, jadi bahasa enggrisnya jalan terus. Dan ini menjadikan anak-anak mereka sangat lancar berbicara tiga bahasa itu. Dan hebatnya lagi mereka juga bisa menyesuaikan diri bahasa apa yang harus mereka pakai ketika bertemu dengan orang baru.

COntoh saja, anak terkecilnya yaitu si cakep AIKE, saat itu dia sedang main-main dengan seorang temenku dari Pakistan. SI kecil Aike ini memakai bahasa enggris, eh ketika di tengah-tengah ngobrol dia membutuhkan sesuatu dari mamanya, dia bisa langsung switch bahasa enggrisnya dengan bahasa Indonesia. Begitu juga ketika marah dengan papanya, dia memakai bahasa German, eh ketika laporan ke mamanya dia sudah pakai bahasa Indoensia. weleh hebat banget.

Ayo para Mom... siapa yang mau nyoba????

Labels:

 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 6:03 AM, |

0 Comments: