Tjoet Njak Dien

Monday, October 13, 2008

Hemmm akhirnya weekend juga, setelah melewati satu minggu yang padat, dan harus jadi leader diskusi di kelas Educational Foundation dan Political Science.

Sudah lama pengen nulis tentang Tjoet Njak Dien (Cut Nyak Din), seorang perempuan pejuang yang luar biasa. Kan ceritanya minggu depan Permias Hawaii bekerja sama denga mahasiswa Aceh di seluruh dunia dan berbagai institusi di Hawaii akan mengadakan ICCE 2008 (Indonesia Cultural and Conference Event), yang fokusnya pada Aceh pada tanggal 20-23 October di Hawaii. Untuk mendukung acara tersebut sejak tiga minggu lalu kita mulai memutar film-film Aceh di Hale Manoa (my dormitory).

Salah satu film yang diputar adalah film Tjoet Njak Dien. JUJUR SEJUJUR-JUJURNYA aku belum pernah nonton film yang dibintangin aktor-aktor hebat ini. Karena memang ketika film ini dibuat perfilman Indonesia masih loyo, dan emang sulit sekali mendapatkan CD film ini, disamping itu film ini sudah tidak diputar lagi di bioskop2.

Rasanya menyesal sekali tidak dari dulu menikmati film ini. Cerita yang luar biasa dan aktor-aktor yang hebat menjadikan film ini benar-benar menyentuh. Perjuangan Cut Nyak Din yang tidak pernah pantang menyerah walaupun terus dikhianati oleh orang-orang dekatnya, disamping itu kondisi kesehatannya tidak bisa mengikuti kecepatan lari dari semangatnya, hingga dia pun jatuh sakit.Banyak penonton yang terharu hingga meneteskan air mata.

Setelah melihat film ini aku pengen bilang "I AM PROUD TO BE AN INDONESIAN WOMAN". Ya perempuan Indonesia memang luar biasa. dengan segala keterbatasannya, mereka tetep berdiri tegak menatap masa depannya, mereka berjuang bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk keluarga, negara dan agamanya.

HIDUP PEREMPUAN INDONESIA
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 3:38 AM, |

0 Comments: