Oahu in Blackout

Monday, December 29, 2008
Hari Jumat sore kemarin (dec 26) angin kenceng banget, bahkan di beberapa tempat di Oahu (island tempat aku tinggal) sudah mulai terdengar petir dan geludug plus heavy rain. Aku nyampek kamar jam 5 sore, setelah seharian muter-muter shopping windows in Waikele.

Habis sholat magrib, angin kenceng banget, dan ops... kok lampu mulai byar pet nih, akhirnya kabel yang menghubungkan ke laptop aku copot. bener juga tidak begitu lama pettt, lampu mati. Ini pengalaman keduaku mati lampu di Hawaii, dulu tahun 2006 habis gempa, pernah juga mati lampu sekitar 12 jam.

Wah.... lampu mati berarti gak bisa masak, orang semua sistem di dapur pake listrik. Beruntung di dormku ada generator, jadi paling tidak kamar mandi dan lorong-lorong masih ada lampu. Jaringan net sih juga enggak masalah. Tapi tetep aja power battre laptop habis, so yo enggak bisa dipakai.

Sampe pagi power belum juga pulih, padahal di beberapa tempat power sudah mulai kembali. Kelaparan banget nih, habis sejak semalam enggak makan. Akhirnya satu-satunya jalan yaitu menarik kabel dari kamar mandi. Rice cooker aku pindah ke dekat kamar mandi, so ngerebus telur sambil masak nasi dan nge-cas laptop di dekat kamar mandi.

Yang luar biasa tuh si Obama. Kan dia sedang di Kailua (daerah di Oahu) untuk menghabiskan liburan. Tempat dia berlibur juga tidak lepas dari problem power, sebab memang central listriknya yang terkena petir. Tapi ketika gubernur Hawaii dan senat Mufi menawarkan generator ke Obama, dia menolaknya. Jadi keluarga elected president ini juga bergelap-gelapan hingga power kembali jam 6 pagi (11 jam mati lampu). Bandingkan dengan para pejabat Indonesia.

Aku udah mulai boring di kamar, beruntung ada kawan yang nawarin untuk jalan-jalan ke Hanauma Bay, jadi jam 11 siang aku keluar. Hore ketika aku balek ke kamar jam 5 sore, power sudah kembali normal.

Orang US itu paling kalang kabut kalau power out, karena semua sistem mereka sangat tergantung dengan listrik. Semua ornag tidak bisa memasak, hingga resto2 siap saji dipenuhi pembeli. So sebenernya kalau mau menghabisin US, just blokade aja listriknya wekekekekekkekeek.
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 3:39 AM, |

1 Comments:

  At 7:43 AM Anonymous Anonymous said:
Salut sama sikap Obama. Jaman sekarang jarang pejabat mempunyai sikap seperti itu.

Wah kalau listrik mati, repot ya warga AS.

Mbak, linknya sudah saya add.
Kalau gak keberatan, tukeran link ya mbak.