A BA TA TsA

Wednesday, March 12, 2008
Waktu aku berangkat ke Hawaii kemarin, 9 Januari. Dedek Mirza masih belum mau sekolah, belum mau belajar ngaji, belum mau belajar baca and so on. Pokoknya dia maunya nonton TV terus, maunya main mobil-mobilan terus. Kalaupun mau bersentuhan dengan buku, itupun minta dibacakan. Belum ada di daily activitiesnya corat-coret or mewarnai. Saat itu orang tuaku sangat khawatir "Nih anak udah hampir 4 tahun kok belum mau diajarin apa-apa sih." Walaupun aku juga 'sedikit' khawatir, tapi aku merasa yakin aja entar kalau sudah tiba waktunya pasti mau.

Ternyata benar, setelah sejak akhir Januari kemarin dia mau ikut sekolah TK *walaupun belum di daftarkan secara resmi* dedek mulai kelihatan semangat belajarnya. Dia mulai mau belajar membaca, mulai heboh minta buku mewarnai. Dedek juga sudah mulai menghafal doa-doa harian. Dan sekarang sudah mulai mau diajari ngaji pake Qiro'ati. Yang lebih penting lagi dia sudah enggak suka marah-marah, tidak rewelan, lebih ngerti kalau diajak diskusi.

Semalam aku dibuat terbengong-bengong. Sekitar jam 2.30 dini hari waktu Hawaii or sekitar habis magrib waktu Indonesia bagian barat. Ada telfon, seperti kebiasaan, kalau jam segini ada telfon pasti dari rumah. Ketika aku angkat, dari seberang terdengar suara dedek ngaji. A Ba Ta Tsa Ja.. A A BA... Ja Tsa Ta.. and so on. Mendengar dedek ngaji dengan sangat lancar, walaupun pengucapan hurufnya masih little bit cedal, aku terharu banget. Dulu dedek hanya suka niruin orang ngaji dengan teriak-teriak A Ba TA tapi tidak tahu mana hurufnya, tapi sekarang bisa baca plus tahu nunjuk hurufnya.

Sambil ngantuk-ngantuk aku dan Babah ketawa dengerin malaikat kecilku ini ngaji. Bahkan di tengah-tengah ngaji masih sempat ngomong "Mama dengerin dedek ngaji ya? Eh Ma, kalau dedek pinter dibelikan apa?" ampunnnnnnn deh anakku yang satu ini.

Beberapa hari lalu Dedek juga show up nyanyi BECAK. Kata orang rumah sekarang andalannya dedek nyannyi Becak. Saat dia nyanyi aku gak berhenti ketawa, lawong lagunya muter aja enggak habis-habis, plus dengan cara pengucapan yang cedal, jadi tambah lucu. Dia juga nyanyi lagu yang biasanya buat untuk senam. Wes pokoknya Dedek tambah menggemaskan, tambah puinterrrrrrr dan tambah besar.

Oya, Kakak kemarin tidak sekolah, diasakit telinga. Entahlah Kakak ini secara ketahanan tubuhnya agak lemah. Mungkin karena aktifitasnya yang sangat tinggi. Dia pagi bangun sendiri, mandi, sholat subuh, lihat TV sebentar sambil nunggu sarapan terus berangkat sekolah. Jam 1 siang baru pulang sekolah, terus makan siang, lihat TV sebentar dan mulai deh hafalan Ghorib *nih semacam pelajaran dalam membaca al-Quran*, habis hafalan, dia akan minta Ibuku or adekku untuk menyemak hasil hafalannya, kemudian sholat dhuhur. Baru deh jam 3 sore berangkat sekolah TPQ dan pulang jam 5 sore. Pulang sekolah paling cuman main sepeda sebentar sebelum pergi ke Masjid untuk sholat magrib. Sehabis magrib, dia ngaji lagi dengan Ibuku, dilanjutin belajar pelajaran sekolah dengan adekku. Dan jam 8/9 sudah langsung tidur. Wahhhhhh padat banget ya aktifitasnya Kakak. Tapi emang rata-rata anak kecil di tempatku aktifitasnya seperti itu. Sebenernya enggak ada yang menekan dia melakukan itu, mereka kelihatan enjoy-enjoy aja, karena semua teman juga melakukan hal yang sama. Kakak emang sedang giat banget dengan sekolah TPQ,mungkin karena dia sudah tingkat akhir dan sebentar lagi akan test akhir untuk wisuda. Semoga kakak segera sembuh. Amin

Bangga deh punya anak-anak seperti mereka, dan bersyukur sekali aku punya keluarga yang mau memperhatikan dan menyayangi anak-anakku.
 
posted by Nihayatul (Ninik) Wafiroh at 4:03 AM, |

2 Comments:

  At 5:35 AM Blogger Ryuta Ando said:
Wah kakak sama dedek semuanya pinter-pinter nih, pasti donk orang tuanya bangga punya anak sehebat mereka.

Dedek ngajinya udah pinter banget nih..
ahh mamanya pasti bangga banget ya liat dedek udah pinter gitu .. :P